Kamis, 28 April 2016

Arti Mimpi dalam Dorama Akumu Chan a.k.a My Little Nightmare( 2012 )


Dorama Akumu chan a.ka My Little Nightmare bercerita tentang Yuiko Koto ( Manatsu Kimura ) seorang murid perempuan aneh yang bisa melihat kejadian – kejadian di masa depan melalui mimpinya yang dianggap sebagai mimpi buruk. Perubahan dalam hidupnya terjadi hal ketika ia pindah ke sekolah baru dan bertemu Ayumi Mutoi ( keiko Kitagawa ) yang menjadi wali kelasnya. 

Hal – hal aneh mulai terjadi ketika Yuiko Koto melihat mimpi tentang seorang nenek yang terbakar di sebuah rumah dan ternyata rumah itu ia lalui ketika menuju perjalanan ke sekolah. Ia merasa sangat ketakutan dan meminta gurunya Ayumi Mutoi untuk menolong nenek tersebut. Semenjak itu, Yuiko Koto mempercayakan mimpi – mimpi yang dia alami untuk diceritakan kepada Ayami Mutoi dan mencari cara agar mimpi buruknya tidak menjadi kenyataan yang menyedihkan.
Awal mula saya tertarik dorama ini ketika saya melihat Keiko Kitagawa, saya sering melihat akting wanita cantik ini ini di beberapa dorama ataupun film jepang dan menjadi penasaran tentang akting – akting dia drama/film terbaru. Melihat dorama ini, membuat kita berharap mimpi – mimpi baik kita bisa menjadi kenyataan tetapi hal ini bisa jadi menakutkan ketika itu menjadi mimpi buruk. Dorama ini menawarkan pandangan – pandangan baru mengenai apa itu mimpi, proses terjadinya mimpi dan bagaimana kita mengendalikan mimpi kita atau yang biasa dikenal sebagai lucid dream. 

Mimpi dapat menjadi bunga tidur yang bersifat fantasi tetapi mimpi bisa berarti dorongan dari alam bawah sadar kita terhadap sesuatu hal yang kita inginkan atau yang kita takutkan. Suatu kejadian atau peristiwa yang tidak kita inginkan dapat kita tekan ke alam bawah sadar kita dan terkadang dimunculkan kembali dalam bentuk mimpi – mimpi. Ayumi Mutoi sebenarnya juga memiliki mimpi – mimpi ramalan tetapi ia lebih dapat mengendalikan mimpinya. 

Menarik, karena setiap episode menceritakan tentang Yuiko yang tanpa sengaja mendapat mimpi tentang teman – teman satu kelas. Mimpi tersebut tidak terinci secara jelas tetapi menjelma menjadi simbol – simbol binatang ataupun tokoh mitologi/ fantasy dan Ayami Mutoi yang memang memiliki ketertarikan dengan hal – hal semacam itu membantu Yukoi untuk menerjemahkan arti dari mimpi – mimpi tersebut. Di balik semua kepintarannya, Ayami Mutoi juga menyimpan masa lalunya yang membuatnya terhubung dengan Yuiko tanpa ia sadari.
Dorama sebanyak 11 episode membuat saya betah untuk melihatnya dari satu episode ke episode yang lain. Setiap episode menawarkan sesuatu yang baru dan terjalin suatu benang merah cerita yang kuat antara para tokoh. Pokoknya, serba banyak kebetulan dan hal yang tidak kita duga dalam dorama. Kehadiran tokoh – tokoh yang lain juga membuat setiap episode terasa tidak membosankan. I think it’s really fun ..... ketika suatu dorama membuat kita penasaran di setiap episodenya.

Mungkin saya menyimpulkan bahwa dorama ini lebih ke genre misteri, fantasy dan slice of life karena episodenya memberi pelajaran tentang kehidupan terutama hubungan orang tua dengan anak. Yahhhh,,, mungkin karena setting dorama ini adalah Sekolah Dasar jadi tentunya teman – teman Yukio juga lebih banyak adik – adik di Sekolah Dasar. Bisa jadi tontonan bersama tetapi kita harus memahami benar tentang proses dari mimpi sehingga kita tidak kesulita memahami jalan ceritanya. 


GENRE : Mystery, Fantasy, Slice of Life
RATED : 8/10
Share:

0 komentar:

Posting Komentar