Kamis, 15 Februari 2024

Pengalaman Perpanjang SIM C Dengan Perpaduan Online & Offline

    Jadi, di postingan kali ini saya ingin membagikan pengalaman memperpanjang SIM C secara offline di awal tahun 2024 tetapi untuk tes kesehatan dan tes psikologi lewat aplikasi/online. Awalnya saya berniat mengajukan perpanjangan SIM C via aplikasi Digital Korlantas dan sudah mengumpulkan semua dokumen pendukung tetapi sayang ternyata pengajuan saya ditolak dalam waktu 2 jam setelah mengajukan dengan alasan bahwa data Sim dan KTP saya tidak ditemukan.

    Yah, walaupun pengajuan perpanjang SIM C ditolak tetapi saya sudah melakukan tes psikologi dan tes online lewat website erikkes.id dan eppsi.id ( ePpsi Sim ). Untuk tes psikologi waktu itu membayar via VA BNI sebesar 48.500 dan untuk tes kesehatan gratis. Awalnya untuk tes kesehatan saya memilih dokter di area kota Semarang  tetapi ternyata agak jauh dari tempat tinggal dan harus antri jadwal terlebih dahulu, untuk biayanya juga masih mengira - ngira. Akhirnya saya memilih POLDEKKS di Jakarta Pusat dan full bisa online dengan mengisi beberapa pertanyaan singkat mengenai kesehatan. Untuk biayanya semisal kita memilih POLDEKKES ternyata gratis. 

    Akhirnya beberapa hari kemudian saya melakukan perpanjangan SIM C secara offline di SIM KELILING SETIABUDI dekat dengan KUBOTA. Saya pergi di hari Senin sekitar pukul 07.30 dan antrian sudah menumpuk karena kebetulan besok selama hari Kamis - Sabtu adalah hari libur jadi banyak yang melakukan perpanjangan sebelum liburan.

 
ALUR PENDAFTARAN SECARA OFFLINE :
  1. Bagian Pendaftaran menyerahkan KTP & SIM lama kemudian antri sesuai urutan dipanggil. Biaya Rp 2.000 untuk fotokopi KTP dan SIM yang dilakukan oleh petugas pendaftaran. Waktu tunggu antara 15- 30 menit tergantung banyaknya antrian.
  2. Lanjut ke tes psikologi, karena saya sudah melakukan tes psikologi secara online jadi saya hanya menyerahkan hasil printout tes di web ePPsi
  3. Bagian kesehatan, saya menyerahkan hasil tes kesehatan di web erikkes.
  4. Setelah 3 tahap, kemudian saya antri panggilan di mobil SIM untuk melakukan pemotretan dan ttd untuk kartu SIM. Bayar Rp 75.000.
  5. Kemudian dalam waktu kurang dari 5 menit, SIM C sudah jadi dan siap digunakan. Di sesi terakhir saya dimintai tolong oleh bapak petugas polisi untuk mengisi survey terkait layanan kepolisian. 






    Ternyata, walaupun sekarang ada tes psikologi untuk syarat perpanjang SIM C, prosesnya masih terhitung cepat Kalau  dihitung waktunya mungkin sekitar 1 - 1,5 jam dari pendaftaran sampai proses jadi tergantung dari banyaknya antrian di hari itu. Tes psikologi sendiri semisal langsung melakukan secara offline waktunya juga cukup singkat, sekitar 10 - 15 menit untuk waktu pengisian. Tes kesehatan juga terbilang cepat. 

Rincian Biaya Perpanjangan SIM C :

  • Pendaftaran ( Fotocopy KTP & SIM C ) Rp 2.000
  • Tes Psikologi semisal offline/ langsung di tempat sekitar Rp 100.000, tes online Rp 48.500
  • Tes kesehatan offline/ langsung di tempat sekitar Rp 70.000, tes kesehatan online Rp 0 ( gratis )
  • Biaya cetak SIM Rp 75.000 
Total biaya semisal full offline atau langsung di SIM Keliling  sekitar Rp 247.000 karena saya memilih psikotes dan tes kesehatan online secara saya hanya perlu membayar total Rp 125.500. Cukup hemat sekitar Rp 121.500 dibandingkan full offline.

 Tapi, untuk psikotesnya cenderung lebih susah dibanding tes secara offline membutuhkan waktu juga lumayan lebih lama sekitar 30 menit kalau tidak salah  dengan beberapa pertanyaan kompleks hampir seperti tes untuk melamar pekerjaan. Ada ketentuannya juga semisal tidak lulus psikotes bisa tes ulang dengan syarat mengikuti bimbingan psikotes terlebih dahulu sesuai panduan di aplikasi ePPsi. 

Sedangkan untuk psikotes offline sepertinya lebih mudah hanya menjawab beberapa pertanyaan secara ringkas dengan jawaban ya/tidak. Jadi sepadan dengan biayanya yang hampir 2 kali lipat dibanding online. Tinggal memilih saja mau yang rumit, pilih online, mau yang cepat dan tidak pusing pilih offline dengan biaya 2x lipat. 

Untuk tes kesehatan bisa gratis melalui online dengan catatan memilih POLDOKKES di Jakarta Pusat. Proses perpanjangan SIM terhitung mudah dan cepat, saran saya semisal ingin perpanjang SIM dan ada waktu luang bisa perpaduan online & offline selain mempersingkat waktu juga menghemat biaya tetapi jangan lupa semisal melakukan tes secara online untuk print hasil tes dan diserahkan ke petugas. 



Share:

0 komentar:

Posting Komentar