Kamis, 15 September 2016

Pengalaman Interview dan Tes di Tribun




     Sekitar bulan Juli 2014, saya melihat lowongan pekerjaan di Tribun yang saat itu membutuhkan wartawan dengan ketentuan S1 semua jurusan. Tanpa pikir panjang, saya mengirimkan CV melalui email dan mengirim berkas lamaran ke kantor Tribun . Saya memasukkan lamaran sekitar bulan Juli dan menunggu hampir 3 bulan lamanya.

Suatu saat, saya membuka kaskus dan ternyata Tribun juga membuka lowongan yang sama di salah satu thread kaskus. 
Tanpa pikir panjang, saya dengan PeDe nya,, 😁😁😁 mengirim lowongan kembali di sesuai email yang dicantumkan di kaskus dan membalas komentar di thread tersebut.

Tiba – tiba esok harinya, saya mendapat telepon untuk interview 3 hari ke depan, tentu saja saya kaget, karena baru kemarin saya mengirim email ke pihak tribun via thread kaskus. Saya pikir mungkin ini berkah saya “ngaskus” selama ini.  😁

Pada interview pertama, saya diminta mengisi seluruh biodata lengkap dengan beberapa pertanyaan uraian yang harus saya jabarkan. Saya ingat, ada beberapa orang yang dipanggil pada hari itu dan salah satunya dari jurusan FISIPOL salah satu universitas ternama di Semarang. Jelas.... saya langsung "hopeless" merasa tidak ada harapan... untuk diterima karena saya tidak berasal dari jurusan yang sejalur dengan bidang jurnalistik πŸ˜…

Setelah mengumpulkan berkas, dilanjutkan dengan tahap psikotest, tes pengetahuan umum dan ada tes bidang. Waktu itu tes bidang yang diberikan adalah tes bahasa inggris. Sesudah psikotest awal, saya menunggu sekitar beberapa hari dan ternyata saya lolos ke tahap interview. Jujur, saya grogi dan bingung apa yang akan ditanyakan dan berpikiran mungkin yang akan menginterview adalah tim HRD tetapi,

ternyata saya salah πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜πŸ˜πŸ˜ karena yang menginterview saya adalah pemimpin redaksi.

Saya diberikan pertanyaan tentang isu – isu yang ada di masyarakat dan bagaimana saya menanggapi hal tersebut. Interview ini berjalan menyenangkan walaupun tetap agak menakutkan bagi saya. Saya menjawab beberapa pertanyaan dengan tenang.

Setelah interview pertama, saya menunggu kembali selama beberapa hari dan kemudian dipanggil kembali untuk lanjut ke interview dengan HRD. Pada tahap ini, HRD menjelaskan tentang bagaimana sistem kerja di sana, negoisasi, dsb. Dan terakhir, saya interview dengan user dan tanda tangan kontrak.
 
Rasanya lega, karena sudah melewati tahap yang begitu panjang dan melelahkan batin dari awal memasukkan lamaran sampai saya diterima.

Menyenangkan, setelah masuk dan menjadi karyawan, yang terpenting harus belajar untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Lingkungan kerja yang menyenangkan dengan orang - orang yang juga fleksibel.

Sayangnya, karena sesuatu hal, saya harus memutuskan berhenti dari tempat tersebut setelah hampir 1.5 bulan bergabung di sana. 

Sebenarnya saya merasa berat hati harus berhenti dari pekerjaan ini dan memilih untuk menjalani sesuatu yang memang harus saya lakukan saat itu tetapi, saya juga bersyukur karena sempat diterima dan belajar. Setidaknya saya berhasil membuktikan kepada orang tua bahwa bisa diterima di salah satu perusahaan yang saya inginkan dan mendapat pengalaman yang bisa menjadi cerita di masa nanti.

Share:

13 komentar:

  1. Saya selalu tertarik untuk mengetahui lika-liku kehidupan seorang wartawan atau jurnalis, ternyata untuk bisa diterima harus melewati proses yang panjang juga ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya kalau proses penerimaan kerja mungkin hampir sama di setiap perusahaan mbak... yang membedakan mungkin setelah awal masuk.. ada beberapa training khusus dan pembiasaan untuk yang bekerja di bidang media.. terutama untuk saya yang basicnya sarjana pendidikan... terasa sekali perbedaannya.. :D

      Hapus
  2. Kok nggak Ada medical check up nya sih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak anton... untuk MCU nya ketika sudah bekeja selama 1 tahun dan akan diangkat menjaid pegawai tetap baru ada MCU secara lengkap... begitu kata HRD saat wawancara

      Hapus
  3. Tapi kemarin HR bilang Setelah interview Akan Ada MCU.

    Saya kemarin Psikotes, Tes Bidanv, Interview User Dan besok jumat interview HR. Nah, biasanya interview HR ini apa yang ditanyain yah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya dulu memang MCU ,,, katanya setelah 1 tahun bekerja ..
      tidak tahu kalau sekarang mungkin kebijakannya berbeda.. dulu saya juga ada interview dengan Pemred ,, HRD dan yang terakhir interview user untuk tanda tangan kontrak

      interview HR ya,, seperti biasa kak,,, lebih kepada kesiapan kita semisal diterima, hak dan kewajibannya juga apa saja... paling seputar itu kak,,, yang penting kita menjawab dengan benar - benar yakin dan memang mantap untuk bekerja di bidang jurnalistik...

      Hapus
  4. Insya Allah tanggal 26 ini mo ikut test bidang.

    Kak Putri jelasin dong apa aja si yang harus dipelajari buat test ini?
    Bener2 buta mo persiapan apπŸ€”πŸ˜”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak.. mohon maaf baru balas.. bagaimana hasil testnya ? ☺

      Hapus
  5. Stlh interview dgn user dan hrd berapa hari tenggang waktu pengumuman kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak.. waktu itu interview user langsung ttd kontrak kak..
      Rata2 rentang waktu dari psikotest, interview pemred, dan interview hrd kalau tidak salah.. sekitar 3 harian kak

      Setelah interview hrd... langsung ke user.. untuk ttd kontrak ☺

      Hapus
  6. tes pengetahuan umum untuk bidang kewartawanan kakak gak ada kah kak?

    BalasHapus
  7. Soalnya tgl 2 besok mau tes bingung aku kak
    Tolong dikasih saran harus gimana dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak,, selamat sore
      untuk tes pengetahuan umum,, saat itu seperti pengetahuan umum saja kak,, semacam RPUL gitu,, tentang nama kota, atau negara, daerah ya semacam itu,, karena sudah lama jadinya agak lupa2 ingat kak
      jangan lupa update berita terbaru dan berlatih menulis artikel atau membaca artikel,, soalnya dulu kalau gak salah ada beberapa soal seperti pelajaran bahasa indonesia saat sekolah

      Karena ini saya juga test sudah lama kemungkinan bisa ada perubahan juga untuk tes masuknya :)

      saran saya,, tetap belajar psikotest umum seperti biasa dan berlatih feeling semisal kakak sudah menjadi jurnalis/ wartawan,,, sesuai kepribadian kakak saja dan tetap menjadi diri sendiri,,,dan percaya diri
      semoga berhasil ya kak untuk testnya semoga mendapatkan hasil yang terbaik.. :)

      Hapus