Sabtu, 26 November 2016

Aktivitas Malam Minggu Tanpa Harus Keluar Rumah

Malam minggu?? 


Berarti malam yang panjang😁😁😁


Malam minggu termasuk waktu yang dinanti untuk semua orang, terutama yang memiliki pasangan maupun keluarga karena bisa menjadi quality time di antara padatnya kegiatan. Setelah bekerja keras selama 1 minggu, tentunya malam minggu dan hari minggu menjadi waktu yang tepat untuk beristirahat sejenak dan menikmati hasil kerja kita.
 
Malam minggu, berarti malam sebelum hari Minggu yang notabenenya adalah hari libur. Membuat kita terkadang menghabiskan waktu itu hingga larut malam. Cafe, bioskop, dan restoran menjadi tempat yang ramai oleh lalu lalang orang yang juga ingin menghabiskan waktu mereka di tempatt – tempat tersebut.
 
Malam minggu saya 😁😁 biasanya malah jarang nongkrong ke luar rumah bukan karena pelit atau apapun tetapi, saya kurang menyukai keramaian yang terlalu “ crowded “ sehingga saya tidak memiliki waktu untuk menikmati mengobrol dengan teman – teman, menikmati suasana yang ada ataupun hanya sekedar makan.
 
Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan tanpa harus keluar rumah. Ketika keluar rumah hanya menjadi hal yang melelahkan, saya lebih memilih “ quality time” berada di rumah bersama keluarga, teman ataupun sendiri.

ini beberapa contoh aktivitas yang bisa kita lakukan ketika kita hanya ingin berada di rumah :
1.    Menonton film.

sumber : unsplash.com


Walaupun hal ini cukup mainstream tetapi, menonton film adalah yang menyenangkan. Bisa menonton bareng pasangan, teman – teman, keluarga ataupun sendiri ( sendiri belum tentu jomblo 😁😁 ). Anda tinggal memilih mau meminjam DVD, mendownload file dari internet ataupun streaming. Berbagai kemudahan dalam mencari ataupun mengakses hiburan sangat lengkap di era sekarang ini. Tinggal Anda menyesuaikan genre film apa yang Anda sukai, genre action, komedi, horor ataupun drama. Saran saya, pilihlah film yang sekiraya tidak menambah beban pikiran Anda.


Ketika Anda sempat, Anda juga bisa mencatat poin – poin penting dalam film atau “ quote” yang mungkin bisa Anda tuliskan kembali dalam bentuk tulisan dan menjadi penyemangat Anda.

2.    Mencoba Resep Masakan Baru



sumber : unsplash.com
Ini bisa Anda lakukan misal memasak adalah sesuatu hal yang menyenangkan bagi Anda misal Anda termasuk orang yang tidak suka memasak, ini juga patut Anda coba untuk menambah pengalaman. Mencoba resep masakan baru membuat Anda tetap kreatif dan termotivasi untuk semakin mengasah kemampuan Anda dalam mencipta berbagai resep masakan. Kalau ingin melakukan hal ini di malam minggu, ada baiknya Anda merencanakan hal ini sedari sore, untuk mempersiapkan bahan – bahan dan tinggal menunggu waktu eksekusi di malam minggu.

3.    Membaca Buku & Menulis.


sumber : unsplash.com


Bagi yang suka membaca pasti hal ini menjadi alternatif utama ketika di malam minggu. Untuk Anda yang kurang suka membaca, apa salahnya Anda mencoba untuk sebentar menjadi seorang “ kutu buku “. Kita tidak pernah tahu, Anda bisa menemukan hal baru dari buku yang Anda baca karena, seperti kata pepatah “ Buku Adalah Jendela Dunia.”

Jadi, coba liat sekeliling Anda, mungkin selama ini ada beberapa buku yang mungkin belum sempat Anda sentuh.


sumber : unsplash.com


Menulis juga bisa menjadi pengisi waktu Anda. Menulis terbukti mampu meredakan stres, apalagi ketika Anda mampu menuliskan hal – hal apa yang mengganggu Anda. Menulis diary, ataupun catatan kecil mengenai hidup Anda, dapat mengurangi beban Anda. Proses kreatif juga bisa dituangkan lewat tulisan, lewat puisi, cerita fiksi ataupun hanya sekedar tentang hidup Anda. Mungkin saja, Anda juga bisa menemukan bakat Anda dalam hal menulis tanpa Anda sadari.

4.    Bermain game



sumber : unsplash.com
Bermain game seperti playstation ataupun game via PC adalah hal yang biasa. Mungkin Anda bisa mencoba game yang lain dengan melibatkan interaksi sosial di sekitar Anda. Game – game seperti monopoli,bermain tebak gambar, bisa menjadi ajang semakin dekat dengan keluarga ataupun teman – teman. Jaman sekarang lebih banyak game yang melibatkan interaksi sosial hanya di dunia maya tanpa ada interaksi langsung di dunia nyata. Patutnya, kita menggalakkan kembali berbagai macam permainan yang bisa membuat kita belajar berinteraksi dengan orang lain secara langsung.

5.    Belajar Keterampilan Baru.


sumber : unsplash.com


Belajar ini sangat luas maknanya, keterampilan baru tentunya bisa banyak hal. Ingat – ingat kembali, mungkin selama ini ada hal/ keterampilan yang ingin Anda pelajari tetapi belum sempat Anda realisasikan dan di malam minggu menjadi waktu yang tepat untuk Anda lakukan. Beberapa keterampilan/ hal baru bisa Anda pelajari :
normal;">   
    a)  Editing Photo ( Adobe Photoshop, Lightroom, Corel Draw, dll )
b)  Editing Video ( Adobe Premiere, Windows Movie Maker )
c)  Membuat Animasi
d)  Membuat Kerajinan ( menjahit, merajut, merangkai bunga, membuat bros,dll )
e)  Belajar bahasa asing, dll.
f)  Belajar make up, kreasi hijab, dll
g)  Blogging.

6.    Bersih – bersih dan make over.



sumber : unsplash.com


Yup, salah satu yang paling gampang sebenarnya kita lakukan adalah bersih – bersih ruangan dan ketika sempat kita bisa “ make over “ ruangan kita menjadi lebih menyenangkan. Mengubah suasana ruangan bisa meningkatkan “ mood “ kita dalam melakukan berbagi kegiatan. 

Sesuatu hal yang “ fresh” ataupun terkesan baru terkadang membuat kita lebih semangat dalam bekerja. Mengubah tatanan letak benda – benda ataupun memang berbagai hiasan dinding, walaupun tidak terlalu terlihat selalu ada kepuasan ketika kita bisa melakukan hal tersebut.

7.    Mendengarkan musik & Bermain Alat Musik.


sumber : unsplash.com


Musik menjadi hal yang menenangkan atau membuat hari kita menjadi lebih bersemangat. 
Dan yang terakhir adalah Tidur...


sumber : unsplash.com

Tidur menjadi salah satu pelepas lelah yang paling efektif ketika sudah bekerja keras selama 1 minggu penuh.

Saya rasa untuk hal terakhir adalah sesuatu yang disukai banyak orang .
Ketika tidur lebih awal, regenasi sel – sel di dalam tubuh kita juga menjadi lebih baik. Tidak ada salahnya kita tidur lebih awal ketika kita lebih banyak menghabiskan hari- hari selanjutnya dengan begadang 😁😁


Happy Weekend
Share:

0 komentar:

Posting Komentar