Jumat, 25 November 2016

Selamat Hari Guru Nasional


Hari ini, tepat tanggal 25 November diperingati sebagai hari guru nasional. Sebenarnya setiap orang bisa menjadi guru bagi siapa saja, termasuk orang tua kita. Mereka  adalah lingkungan pertama kita tumbuh dan mengajari kita banyak hal. Dalam bahasa Indonesia, guru lebih merujuk kepada pendidik yang profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.


Asal mula tanggal 25 November ditetapkan sebagai hari guru nasional karena pada tanggal 24-25 November 1945, Persatuan Guru Indonesia mengadakan Kongres Guru Indonesia di Surakarta. Saya jabarkan skema singkat bagaimana sejarah ditetapkannya hari guru :




Jadi, pada awalnya persatuan guru republik Indonesia bernama Persatuan Guru Hindia Belanda pada tahun 1912 kemudian setelah mengalami kependudukan belanda dan jepang, pada tahun 1945 para guru mulai bangkit dan mengadakan kogres guru Indonesia di Surakarta pada tanggal 25 Novermber 1945. Kemudian, ditetapkan sebagai hari guru nasional sekaligus hari lahir dari PGRI.

Perjuangan seorang guru untuk mencerdaskan anak didiknya patut kita apresiasi dengan tinggi.
Seorang guru " digugu lan ditiru " menjadi contoh dan panutan bagi peserta didik. Walaupun, pada akhirnya kita juga menghargai setiap orang tidak ada yang sempurna.  Bapak/ ibu guru juga tidak terlepas dari itu tetapi apapun itu, kita patut berterima kasih kepada bapak/ ibu guru yang membimbing kita selama ini.


Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa


 Terima kasih untuk Bapak/ ibu guru dari TK, SD, SMP dan SMA serta Bapak/Ibu guru dosen yang telah membimbing saya, sehingga saya bisa menuliskan kata - kata ini di hari ini. 


Selamat Hari Guru 



Share:

0 komentar:

Posting Komentar