Jumat, 24 Maret 2017

Belanja di EzBuy, Yes or No?

Mungkin belum terlalu banyak orang yang mengenal EzBuy Indonesia ketika saya memutuskan untuk berbelanja disana.
Ez buy adalah salah satu ecommerce yang melayani pembelian barang dari luar negeri dari China dan USA. Untuk China setahu saya, mereka mengambil dari Taobao sedangkan untuk yang USA saya kurang tahu mereka mengambil barang dari mana. Pengalaman saya berbelanja di Ezbuy kali ini, mungkin bisa dibilang rasa nano - nano. 😀

Awalnya saya“excited”
dengan EzBUy dan berharap EzBuy bisa menjadi alternatif ketika saya ingin membeli barang dari China. Pembelian pertama,saya mencoba membeli 3 buah tas dari EzBuy pada bulan September 2016. Tas tersebut memang ada di Indonesia tetapi dengan harga yang lumayan jauh jika saya membeli sendiri dari China. Saya memesan tas tersebut dengan menggunakan jalur laut yang tentunya lebih lama dan lebih murah dibanding saya mengambil jalur udara.

Pembelian pertama ini, saya membayar sekitar Rp 200.000 termasuk ongkir dari China dan ongkir sampai ke tempat saya. 😃
Website EzBUy termasuk gampang dipahami dengan rincian ongkir, yang penting kita mau memahami dan membaca terlebih dahulu. Sebenarnya kalau melihat dari segi harga ongkir agak lumayan mahal tetapi ketika semua sudah “All In” termasuk pajak mungkin bisa menjadi lebih murah dengan kitatidak diharuskan membeli item dengan jumlah banyak.

ETA yang tertulis saat itu adalah pertengahan bulan Oktober 2016, ETA adalah perkiraan barang akan sampai di Indonesia. Saya cukup puas ketika pemesanan pertama tepat waktu sesuai ETA yang ditulis di website sekitar 1 bulan dari pembelian. Pemesanan dari luar negeri memang memakan waktu cukup lama minimal 2 minggu semisal memakai jalur udara sedangkan jalur laut bisa 1-2bulan. 



Cukup “ suprise” ketika barang datang tepat waktu sesuai perkiraan tanggal yang diberikan. Kondisi barang dan packing juga rapi, EzBuy berpartner dengan JnT untuk mengirim barang dari gudang ke customer mereka. Jadi kita tidak bisa memilih ketika ingin menggunakan jasa ekspedisi lain selain JnT. 😄
Pemesanan pertama memuaskan. Maka, saya memantapkan hati untuk melakukan pembelian kedua dengan item yang sama tetapi dengan jumlah lebih banyak. 

Pemesanan kedua,saya membayar sekitar Rp 670.000 untuk melakukan pembelian item tersebut. Pemesanan di website seperti biasa berjalan dengan lancar. Pembelian saya lakukan di pertengahan bulan Oktober dengan ETA sekitar pertengahan bulan November 2016.

Minggu demi minggu, saya menanti paket dari EzBuy untuk datang tetapi ketika ETA sudah tanggalnya, paket dari EzBuy tidak kunjung datang. Saya langsung menghubungi customer service via live chat dan mereka beralasan bahwa barang belum sampai ke gudang mereka di Indonesia dan mengalami keterlambatan 1minggu. 
OK... Fine! 😑

Saya tidak mempermasalahkan untuk menunggu kembali sekitar 2 minggu dari ETA yang dijanjikan. Dua minggu berlalu, barang dari EzBUy belum kunjung datang, saya kembali bertanya kepada CS EzBuy dan mereka mengatakan bahwa barang saya sudah tiba di Indonesia dan tinggal menunggu pengurusan bea cukai. Saya pikir pengurusan dari bea cukai juga tidak akan lama karena memang barang saya termasuk bukan barang yang “ red line” dan hanya kuantitas sedikit.


OK.... Saya menunggu kembali.😑

1 Minggu kemudian, saya belum juga mendapat berita baik dari EzBUy. Saya mencoba melihat Facebook EzBuy ternyata banyak “customer” yang di PHP oleh EzBuy dengan jangka waktu tungggu lebih lama dari saya. Saya mencoba berkomentar di akun Facebook mereka dan mereka meminta saya untuk menghubungi via inbox.

Inbox FB menjadi penyambung dari waktu ke waktu agar saya tetap bisa berhubungan dengan EzBuy dan melacak paket saya. Tetapi pihak EzBUy  selalu beralasan bahwa pengurusan bea cukai belum juga selesai padahal sudah hampir 1 bulan sejak dari ETA yang  dijanjikan. Jadi total saya menunggu dari pertengahan bulan November sampai pertengahan bulan Januari dengan alasan bea cukai yangsulit keluar.😑
Tentu saya jadi sedikit kesal dengan pihak EzBuy yang selalu beralasan demikian karena saya juga pernah membeli barang dari luar negeri. Ternyata, Facebook EzBUy juga penuh dengan komplain yang sama. Rata – rata paket mereka juga sudah ‘ molor’ hampir 1-2 bulan dari waktu yang dijanjikan.

Menunggu 1 bulan dari ETA sebenarnya tidak masalah bagi saya tetapi ketika sudah mau memasuki 2 bulan dan belum ada kejelasan akhirnya saya menyerah.... saya mengajukan refund di pertengahan bulan Januari karena EzBuy memang memberikan fasilitas refund semisal barang tidak tepat waktu sesuai ETA yang dijanjikan.
Untuk refund ke akun saya juga, memerlukan perjuangan karena tidak semudah yang dibayangkan. Dana refund masuk ke akun kita memakan waktu 7-14hari jadi, tidak bisa kita minta refund hari ini dan langsung masuk ke akun kita.
Akun kita ya... bukan rekening kita.

Saya menunggu kembali sekitar 7 hari dan dana refund masuk ke akun saya. 😑😑😑😑😑
Setelah masuk ke akun, untuk withdraw ke rekening juga memerlukan ekstra kesabaran karena EzBuy mematok waktu untuk dana masuk ke rekening kita 15-28 Jika saya tidak melihat jumlah nominal yang  memang lumayan bagi saya, mungkin saya akan mengikhlaskan karena memang proses yang rumit dan memakan waktu yang lama tetapi ketika ingat bahwa uang segitu bisa untuk yang lainnya membuat saya tetap berjuang agar dana cepat dikembalikan ke akun saya.

Saya selalu berusaha untuk menghubungi mereka lewat email beberapa hari sekali menanyakan withdrawl ke rekening saya. Saya mengajukan refund tanggal 31 Januari 2017, harusnya dana sudah masuk ke rekening saya sekitar pertengahan bulan Februari. Kenyataannya, dana belum bisa masuk ke rekening saya dari minimal waktu yang diberikan. Saya tidak bosan untuk berkomentar di facebook mereka dan menanyakan lewat email.


Akhirnya di akhir Februari, dana masuk ke rekening saya setelah tidak lelah saya ‘ follow up’ withdrawl dari EzBUy.

Jujur saya, memang kecewa dengan pelayanan EzBuy karena hanya pada awal pemesanan memang terkesan cepat dan tepat waktu. Tetapi pada pemesanan kedua kenapa EzBuy mengalami penundaan yang begitu lama dan proses refund yang juga memakan waktu hampir 1 bulan lebih.Berarti dari ETA sekitar pertengahan November dan
proses refund memakan waktu sekitar hampir 3 bulan. Jika memang hanya saya, mungkin bisa dimaklumi tetapi banyak customer komplain yang rata – rata mengeluhkan hal yang sama di Facebook EzBuy.

Mungkin EzBuy Indonesia belum siap ketika mengatasi pemesanan customer dalam jumlah banyak dan mengakibatkan banyaknya pesanan yang terlambat dari ETA yang dijanjikan.


KESIMPULANNYA :
YES : Jika Anda menginginkan barang murah dan pilihan beragam dari luar negeri, Anda bisa memilih EzBuy,
NO : semisal Anda memang tidak memiliki jiwa yang besar dan sabar untuk menunggu, sebaiknya Anda jangan memilih EzBuy. 
IMHO... ini pendapat pribadi saya sebagai konsumenn yang sudah pernah berbelanja di EzBuy. Saya tidak menganggap EzBuy sebagai ecommerce yang memiliki pelayanan yang buruk karena pada dasarnya mereka memenuhi kewajibannya unntuk merefund dana saya walaupun membutuhkan waktu yang lama. 


Berbelanja di EzBuy lagi??😀😀

Emmm... bisa jadi ketika saya menginginkan membeli suatu barang dengan harga murah dan bersedia menunggu untuk waktu yang cukup lama. Mungkin saya akan mempertimbangkan kembali untuk berbelaja di EzBuy.




Share:

8 komentar:

  1. Cara refund / withdraw di ezbuy bagaimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak savio.. waktu itu ada memang saya harus beberapa kali menghubungi pihak ezbuy lewat CS.. dan nanti kita akan diberikan format oleh ezbuy untuk opsi refund ... pengalaman saya harus sabar kak,,, karena untuk proses refund saja hampir memakan waktu sekitar 1 bulan... itu juga saya harus rajin memfollow up di email dan di facebook mereka..

      Hapus
  2. Hai..Thanks, Blog nya membantu sekali saat2 kita nunggu2 jawaban yg ga pasti dr EZBuy Indo.
    Status paket sya sampai saat ini masih "To Ship" dgn keterangan "Waiting Seller to sipatch" atau msh di bungkus ama seller sudah mau 1 bulan, cuma saya pengen dpt info aja nih.
    Manatau mbaknya ada nomer yg bs di kontak,sebab nomer indo yg dr web atau google tidak pernah menjawab, dan email juga tdk respon.
    Saya wonder juga, org2 kok bs pake live chat sementara saya tdk tau live chat dapet dari mana.
    Via FB sdh di cari2 tp ga ada channel inbox nya.
    Mohon info mbak, kl ada info ttgl live chat atau User FB yg bener atau telp EZBuy indo yg valid y bisa di kontak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak..yuki,,kebetulan dulu saya belanja di ezbuy ketika awal2 mereka baru launching, jadi untuk balasan chat agak cepat,,
      dulu ada live chat yang standby terus,,tetapi kemarin2 memang sepertinya dinonaktifkan karena mungkin terlalu banyak komplain dari pembeli...
      email juga biasanya juga dibalas lama mbak,,
      harus terus2an email setiap hari agar direspon..

      mohon maaf, saya tidak memiliki kontak yang secara pribadi ke ezbuy, karena dulu hanya via live chat, email dan pesan di fb...

      semoga cepat selesai urusannya dengan ezbuy ya mbak

      Hapus
    2. Kasusnya Yuki hampir sama kaya saya, saya order januari 2 paket, yg pertama sdh sasampai dgn baik tidak sampai 1 bulan. Yg ke 2 saya order, selang seminggu dr orderan pertama tadi, sampai hari ini belum sampai, order tgl 19 januari. Status sudah sampai indo tgl. 6 februari, sampai hari ini g ada paket datang ke rumah. Saya email saya tlp tidak ada respon. Lalu bagaimana dgn paket kita, gak bisa tau kejelasannya.

      Hapus
    3. Iya kak... saya lihat sekarang juga kontak yang tertera juga susah dihubungi...
      Mungkin bisa intens komen terus di page fb mereka saja kak.. soalnya dulu saya juga beberapa kali pernah komen di page postingan fb mereka

      Hapus
  3. apakah ezbuy indonesia masih buka? soalnya aku mau order sesuatu dari ezBuy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak... kalau setahu saya.. masih ada webnya.. tapi mungkin bisa dipertimbangkan kembali kalau mau order disana.. karena agak susah ketika mau komplain sesuatu

      Hapus